Jumat, 10 Juni 2011

Lomba Dunia Maya – ELEGI FACEBOOK TERKENA HACKER

LOMBA DUNIA MAYA - ELEGI FACEBOOK TERKENA HACKER
Oleh : Saepullah

Aku mengenal facebook pada tahun 2008. Saat itu aku sedang mengikuti sebuah award The Future Leader di kampus PPM-POT di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Aku dibuatkan akun oleh teman yang mengikuti award tersebut. Asyik memang mengikuti jejaring sosial kita bisa mencari teman, chat dengan teman, bahkan mencari jodoh pun bisa. Tapi ada sebuah kisah menarik yang membuat hatiku terenyuh (baca : marah, kesal dan sedih) akibat dari ulahku yang lupa untuk men-sign out akun facebookku ini.
Pengalaman ini pertama kali terjadi pada diriku pada bulan desember 2009. Saat itu aku memakai facebook pada sebuah warnet A di daerah tempat tinggalku di kawasan Cibinong. Ketika bermain facebook sih aku asyik-asyik saja mencari teman, mengobrol dan menanyakan kabar pada pertemanan di facebook hingga terjadi sebuah gangguan dalam warnet dan koneksi internet pun menjadi error. Menunggu hingga seperempat jam tak kunjung baik koneksi internetnya. Akhirnya aku segera meninggalkan warnet tersebut dan aku memberikan pesan kepada operator warnet untuk men-sign out-kan akun facebookku jika koneksi telah baik. Aku pun meninggalkan warnet tersebut dengan sedikit waspada juga akan sebuah tindakan para hacker di warnet.
Beberapa hari kemudian aku pun membuka facebook pada sebuah warnet yang lain yaitu warnet B. Ternyata, sebuah akun facebookku sudah berubah menjadi aneh dan tak beraturan. Ku perhatikan dari profilku yang tidak mencirikan diriku, lalu kubuka kembali sebuah message ternyata juga sama. Ada sebuah kata-kata romantis kepada beberapa wanita muslimah disana. Aku kaget dan aku kembali terpikir akan kejadian hari sebelumnya dimana aku lupa menutup akun facebookku. Hingga langkah awal yang kulakukan adalah meminta maaf kepada para wanita muslimah yang terkena imbas dari diriku bahwa itu adalah bukan diriku. Belum lagi ada cacian dari facebooker yang lain yang dengan sengaja mencaci maki diriku. Kaget, sedih, marah dan semua perasaan jiwa bercamppur menjadi satu ketika itu. Akhirnya secepat mungkin kubuat pada wallku yang berisi sebuah permintaan maaf kepada siapa saja yang menerima message ataupun comment dariku yang berisi sebuah rayuan, makian, ataupun cacian yang terjadi pada beberapa hari yang lalu. Kuucap astaghfirullahaladziim. Gemes dan ingin marah kepada para hacker di warnet sebelumnya. Akhirnya kucoba mendatangi warnet A dan menanyakan siapa saja yang telah memainkan internet pada tempat yang sama setelah diriku. Awalnya sang pemilik warnet tidak mau dan curiga kalau aku adalah seorang intel dari kepolisian yang ingin mengetahui tentang pembukaan internet untuk pornografi. Lalu aku segera melobi dan menjelaskan kepada operator tersebut bahwa aku hanya ingin tahu siapa yang telah membuka facebookku. Alhasil sang operator pun akhirnya mengijinkan dan memberitahu data pelanggan pada hari sebelumnya dan siapa yang telah memakai facebookku tersebut. Akhirnya aku tahu siap yang telah membuka akun facebookkudan mencoba mencari tahu siapa dirinya. Sayang sungguh sayang operator tersebut pun tidak mengetahui lebih jelas siapa sebenarnya orang tersebut. Walhasil aku hanya mengetahui nama orang tersebut yang digunakan dalam koneksi jaringan saja. Perasaanku bercampur aduk semuanya. Namun yang pasti ingin rasanya untuk melayangkan tinjuku kepada sang hacker akibat dari ulahnya tersebut.
Kembali kejadian ini berulang kembali pada bulan-bulan awal 2011 ini, aku dikejutkan tentang sebuah peristiwa yang sama, namun disini korban akibat ulahku yang tidak men-sign out lebih sedikit. Kejadiannya yaitu ketika itu aku akan menuju ke sekolah dan mampir ke sebuah warnet D. Hal yang sama pun terjadi seperti pada tahun 2009 yaitu error saat sedang berselancar dalam dunia maya. Namun karena aku hendak ke sekolah akhirnya kutinggalkan dan berpesan hal yang sama pula kepada operator untuk men-sign out-kan akun facebookku. Ketika sampai di sekolah langsung kubuka internet karena koneksi sudah masuk ke sekolah. Memang sebuah kesalahanku saat itu yaitu mengapa aku tidak membuka saja di sekolah?. Sungguh sial memang.
Ketika di sekolah saat membuka facebook ternyata ada kata-kata makian yang menyinggung sebuah agama yang kuanut, serta mencemooh tentang keluargaku. Aku kaget sungguh kaget. Akhirnya aku harus meminta maaf kepada orang yang telah mencaciku di internet dan menjelaskan bahwa ada hacker yang menyerang facebookku. Dengan segera mungkin kucoba protect facebookku dan mem-password ulang akun facebook dengan segera mungkin. Walhasil ada orang yang menerima dan memaafkan diriku dan ada juga orang yang masih marah kepadaku. Namun kuserahkan saja kepada Tuhan . Semoga temanku yang masih marah kepadaku dibukakan pintu hatinya dan dapat memaafkan diriku. Dengan segera pula sepulang mengajar di sekolah akhirnya aku langsung ke warnet dan mencari tahu siapa yang telah mengobrak-abrik facebookku hanya ingin mengetahui siapa orangnya tersebut. Yah, hanya nama juga tentunya yang kudapat tanpa mengetahui pasti inisial orangnya karena sangat jarang orang memakai nama asli dalam jaringan di warnet. Sedih dan kesal bercampur menjadi satu. Akhirnya dengan rasa marah dan kesal aku berjanji untuk tidak membuka jejaring sosial di warnet kalau di warnet tersebut tidak mempunyai sistem protect yang cukup. Huh..!!




















==========================================================
Lomba Menulis Kisah Nyata Dunia Maya
Lomba Menulis Kisah Nyata Dunia Maya

Bismillahirahmanirahim

Teman…. Banyak sekali kejutan di dunia maya, bukan sedikit para artis bisa terkenal ke seluruh Indonesia bahkan Internasional melalui dunia maya. Di era berkembangnya komunikasi virtual dan jejaring sosial, yang saya sebut dunia maya ini. Virus pun dapat menyebar cepat dengan menyalahgunakan pertemanan dan kepercayaan. Tak usah mencari contoh jauh-jauh karena saya sendiri pernah mengalami menjadi korban di dunia maya.

Baiklah tidak perlu panjang lebar. Dunia maya adalah segalanya untuk sebagian orang termasuk saya. Untuk itu, saya pribadi akan mengadakan lomba menulis yang bertemakan ‘Dunia Maya’. Seberapa pentingkah dunia maya untuk teman semua…? Dampak apa yang didapat di dunia nyata akibat dunia maya. Atau teman-teman punya pengalaman menarik di dunia maya entah itu pengalaman sedih sampai mengharu biru, kesal karena ditipu, lucu, inspiratif, menemukan jodoh di dunia maya, buruan tulis kisah teman-teman untuk diikutkan lomba ini.



SYARAT-SYARAT LOMBA :


1. Terbuka untuk umum, siapa saja boleh mengkuti kecuali anggota FLPHK
2. Harus punya blog, notes FB juga bisa
3. Naskah harus sesui dengan tema
4. Pengalaman fiktif / kisah nyata
5. Panjang tulisan bebas, panjang lebih bagus (dapat nilai)
6. Bahasa EYD, boleh juga menggunakan bahasa gaul
7. Tulis naskah di blog / notes masing-masing peserta
8. Tempelkan link tulisan di bawah postingan ini (Kotak komentar)
9. Judul bebas, diawali tulisan “lomba dunia maya”. Contoh: Lomba Dunia Maya-Ketemu Jodoh Di Kompasiana

KETENTUAN PEMENANG

• Cerita sedih, pembaca dapat merasakan kesedihan yang teman rasakan
• Cerita lucu, pembaca ikut cekikikan (terutama saya)
• Cerita bahagia, pembaca dapat merasakan bahagia
• Cerita sukses, pembaca ikut merasa bangga
• Cerita kesal, pembaca ikut mengepalkan tinju

HADIAH

1. Pemenang Pertama : Uang senilai HK$ 300 dan buku “Surat Berdarah Untuk Presiden” sumbangan dari FLPHK (Forum Lingkar Pena Hong Kong) dan cendera mata dari Hong Kong

2. Pemenang Kedua : Uang senilai HK$ 200 Novel ”Ketika Tuhan Jatuh Cinta” dan cendera mata dari Hong Kong

3. Pemenang Ketiga : Uang senilai HK$ 100 dan cendera mata dari Hong Kong

Catatan : Hadiah bisa bertambah (Nglirik teman penulis) kalau cerita teman-teman menarik, insyaalloh akan saya usahakan mencari penerbit untuk dibukukan.

Lomba dimulai hari ini

Deadline tanggal 9 Juli 2011. Jam 12 malam WIB.

Pengumuman tanggal 16 Juli 2011


Link Lomba

* kompasiana, http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/14/lomba-menulis-kisah-nyata-dunia-maya/
* blogspot, http://liya715.blogspot.com/2011/05/lomba-menulis-kisah-nyata-dunia-maya.html
* multiply,http://putrilan9it.multiply.com/journal/item/185/Lomba_Menulis_Kisah_Nyata_Dunia_Maya
* FB, http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150190287595982
* Khusus untuk FB peserta diharapkan mentag tulisannya kehttp://www.facebook.com/Auliatuzahro

2 komentar:

Es Kribo mengatakan...

wah...cerita yg cukup kesal juga...>.<

komentar juga ke blog saya:
http://aniamaharani.blogspot.com/2011/06/lomba-menuliskisah-nyata-dunia.html

Intan mengatakan...

wehehehe nyebelin tuh hackernya