Senin, 26 Agustus 2013

KEA 2015 : INDONESIA SIAP BERSAING dengan SALON THAILAND !

Komunitas Ekonomi ASEAN sedang dipersiapkan sedini mungkin. Persaingan pun akan semakin cepat dengan adanya pergerakan ekonomi pada Negara-negara anggota ASEAN. Salah satu persaingan dalam komunitas ASEAN mungkin saja terletak pada dunia kecantikan, sebagaimana yang bisa kita kenal dengan sebutan salon.
                Nah, salon-salon Thailand ini juga akan merambah masuk ke Indonesia. Salon-salon ini sungguh menakjubkan dengan pelayanan yang begitu terampil dan professional. Akankah kita merasakan keanehan dan lalu terdiam dengan hadirnya salon Thailand tersebut ke Indonesia.

salon di Thailand. Gambar diambil di sini


                Tentu saja kita harus menjawab dengan : “SIAP BERSAING!”  
               Lalu, akankah kita harus berdiam diri melihat adanya pelayanan jasa salon dari negeri Thailand. Justru dengan kehadiran pelayanan jasa dari negeri tetangga semakin membuat kita selaku anak bangsa ini memperhatikan kelebihan yang ada dari negeri tetangga tersebut. Kita tidak harus berdiam diri saja dengan pelayanan yang seadanya, tapi harus mengerahkan kemampuan yang dimiliki.
                Kita bisa melihat kembali sebuah perjuangan dari anak bangsa ini dalam meraih kemerdekaan pada tahun 1945, bukan dengan tidur dan melamun saja kan? Tentu dengan perjuangan. Justru dengan kemampuan tersebut kita harus memiliki perjuangan yang sama seperti yang dimiliki pejuang pada tahun 1945.
                Selain semangat berjuang yang harus dibangkitkan dari kemampuan anak negeri ini maka kita harus juga bersaing memiliki nilai seni yang tinggi. Kenapa demikian? Karena salon-salon yang dikategorikan sebagai salon internasional itu biasanya dengan cita rasa seni yang tinggi. Apakah dari penampilan kursi, kaca hingga peralatan kecantikan yang lainnya.

salon di Indonesia dengan seni arsitek yang indah. Gambar diambil di sini
 
                Oh ya, dalam persaingan pelayanan jasa salon ini pula jangan sampai tertinggal dengan adanya manajemen ekonomi. Artinya, para pelayan jasa dari negeri kita Indonesia ini juga harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Apakah itu dari pelaporan keuangan hingga teknik accounting yang baik. Sehingga perkembangan usaha jasa salon pun bisa dilihat dengan cepatnya.
                Dari beberapa pemikiran sederhana saya ini, persaingan dengan salon-salon Thailand ini bukanlah menjadi masalah bagi kita. Kita harus kembali bersemangat mengembalikan citra Indonesia yang memiliki semangat berjuang dan berusaha yang tinggi.        

Tidak ada komentar: