Minggu, 06 Oktober 2013

Mari Dukung PLN Bersih





            PLN Bersih? Apa sih maksudnya? Saya sempat bertanya arti dari PLN Bersih ini. Namun, secara kasat mata saya bisa mengartikan bahwa PLN bersih itu yaitu upaya dari PLN untuk mewujudkan good governance yang terbebas dari Korupsi, Kolusi, Nepotisme. Benar saja, ketika mencoba mencari tahu artinya, terdapatlah penjelasan di situs pln.co.id ataupun plnbersih.com
            Dari situ sempat bertanya akan sebuah kesuksesan program PLN Bersih ini? Akankah sebuah tagline saja? Atau hanya implementasi dari good governance mengikut beberapa lembaga pemerintah lainnya. Dari hal ini saya mencoba mencari tahu kembali, terdapatlah beberapa tulisan dari blogger yang mencoba memaparkan kisah bagaimana PLN Bersih ini memang sejatinya bekerja. Selain itu, pemaparan beberapa blogger terkait program ini dengan adanya sebuah acara Blogger kumpul bareng PLN yang diadakan pada 4 Oktober silam memang menuturkan tentang PLN Bersih ini. Walhasil, saya pun ikut mencermati dengan adanya upaya dari PLN untuk melakukan tindakan sesuai prosedur yang ada. Tanpa ada hal-hal yang mengarah kepada Korupsi, Kolusi maupun Nepotisme.
            Sejatinya, memang sebuah lembaga di Indonesia sudah melaksanakan good governance. Begitupun yang terjadi pada PLN. Program ini memang sudah baik sejatinya. Hanya saja perlu didukung penuh oleh beberapa pihak untuk mensukseskan sebuah tagline yang bukan sekedar tagline, tetapi memang benar-benar terjalankan.
            Lalu, apa sih sebenarnya peran selaku masyarakat (pemilik blog) untuk mendukung dari adanya tagline PLN Bersih ini. Ya, tentu saja masyarakat harus benar-benar tahu tentang program ini. Dan jangan sekali-kali dari masyarakat untuk memberikan peluang terjadinya korupsi ini baik dari segi biaya makan, biaya transportasi, ataupun biaya-biaya lain. Oleh sebab itu masyarakat perlu  mengetahui mekanisme pelayanan PLN di lapangan yang meliputi cara penyambungan listrik baru, penambahan daya, perpindahan meteran pasca bayar menjadi prabayar dan pemenuhan kebutuhan jaringan. Untuk mengetahui mekanisme ini maka nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu 123. Dengan mengetahui mekanisme yang ada ini maka antisipasi pelaksanaan korupsi akan terminimalisir. Adapun sebagai tambahan jika ada orang-orang dari PLN yang bekerja tidak sesuai prosedur maka masyarakat pun bisa menghubungi melalui twitter di @pln_123. Selain itu, Kalau ada petugas PLN yang meminta uang atau mungkin bersikap memeras maka segera laporkan di 081281022000 melalui SMS PLN Peduli.
            Dari beberapa kemungkinan terjadinya tindakan yang mengarah ke korupsi bisa terminimalisir. Maka, program PLN Bersih ini sudah bisa kita sukseskan bersama demi tercapainya good governance pada lembaga-lembaga pemerintahan yang ada di Indonesia ini. Sehingga Indonesia yang bersih dari tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme pun bisa terwujud. 








5 komentar:

HP Yitno mengatakan...

Aku akan selalu mendukung kalau pihak PLN mau membersihkan diri dari suap dan teman-temannya.

laptop murah mengatakan...

cepet banget bikin artikelnya... :D moga menang gan..

Laptop Murah

Saepullah mengatakan...

kita berharap demikian.. maka pelajari prosedur dan laporkan pihak2 yg mencoba utk melakukan korupsi.. happy blogging.. :)

Saepullah mengatakan...

bukan menang dan kalah yg kuinginkan.. menang adalah nilai tambah , tak menang pun tak apa apa.. karena mencoba belajar berbagi lewat tulisan mas bro... happy blogging.. :)

Unknown mengatakan...

Bagus tulisannya Mas ipul, mampir tempatku juga ya,
Blogging = Amar Ma'ruf Nahi Munkar
AYO Pelopori Indonesia Bebas Korupsi