Gambar diambil di sini
Seiring
dengan keindahan yang ditawarkan oleh banyaknya lokasi wisata yang ada di dunia
termasuk beberapa daerah di Indonesia memicu terlahirnya sebuah brand nation [2]. Brand
nation ini bukan saja untuk menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia,
tetapi juga untuk membuktikan kepada negara lain ASEAN dan internasional bahwa Indonesia
memiliki keindahan seperti brand nation yang
diciptakan.
Berbicara
dengan brand nation, Indonesia bisa
dikatakan sudah jauh tertinggal dibandingkan dengan Malaysia dengan tagline-nya
‘Truly Asia’ [3]. Padahal jika
ditinjau lebih jajuh ke belakang Indonesia memiliki kekayaan budaya, tradisi
masyarakat, kuliner, flora maupun fauna serta lokasi wisata yang menakjubkan
dari segi keindahan alamnya dengan gunung, bukit ngarai, maupun pantainya.
Tagline
yang ada di Indonesia yang digelontorkan pada akhir tahun 2010 yaitu ‘Wonderful Indonesia’[5]. Sebelumnya
dikenal dengan “Ultimate in Diversity”
sejak tahun 2004. Selain itu, tagline pada beberapa daerah di Indonesia pun
mulai bermunculan seperti “Bandung
Paris Van Java”, “Enjoy Jakarta”, “Jogja Never Ending Asia” ,
“Bali Santhi-Santhi-Santhi” , Solo dengan “Spirit of Java”,
Pekalongan “Worlds City of Batik”, Makassar “Great Expectation”,
Surabaya “Sparkling Surabaya, Padang “your motherland” serta masih banyak lagi tagline wisata daerah
di Indonesia yang kebanyakan berbahasa Inggris [1].
Namun, tagline yang ada hanyalah sekedar tagline tanpa memberikan arti yang
lebih baik dari segi wisata dan unsur geografis dan fisiknya [4]. Oleh sebab
itu perlu adanya sebuah tagline yang bisa memberikan perubahan fisik maupun non
fisik ke arah yang lebih baik ke depannya.
Lalu,
bagaimana seharusnya kita memiliki tagline yang bisa memberikan pengaruh yang
lebih baik di mata ASEAN dan dunia?
Tagline
yang seharusnya dimiliki Indonesia harus mencerminkan kekayaan yang dimiliki
baik dari segi fisik maupun nonfisiknya. Tagline yang coba penulis tawarkan
yaitu “Heavenly Asia.” Ada beberapa
alasan kenapa Heavenly Asia. Yang
pertama kali teringat yaitu bahwa Indonesia ini memiliki nilai ke-Tuhan-an yang
tinggi yang tertuang dalam ajaran agama yang ada di Indonesia. Dengan semakin
tingginya nilai ke-Tuhan-an maka heaven pun
akan diraih. Hal ini berdasarkan ajaran dari seluruh agama yang ada. Selain itu
historis dari adanya nilai ke-Tuhan-an adalah terlahirnya Indonesi sebagai
Negara yang merdeka sejak tahun 1945.
Ada
lagi yang seharusnya menjadi perhatian dari adanya heaven di Indonesia. Jika dibandingkan dengan beberapa Negara yang
tergabung dalam ASEAN, bisa dikatakan hanya Indonesialah yang memiliki
keragaman budaya dengan keragamaman wisata yang menakjubkan baik dari sisi
flora, fauna, perbukitan, pegunungan, laut, ngarai, serta bangunan bersejarah.
Hal inilah yang menawarkan sebuah heaven (surga)
yang indah. Bukankah di surga itu sangat indah?
Selain
itu juga heaven ini diartikan sebagai
masyarakat Indonesia yang memiliki nilai keramahan dan rasa persaudaraan yang
tinggi. Bukankah hal tersebut tercermin untuk meraih nikmat surga.
Oleh
sebab itu maka sebuah branding nation
yang pantas digelontorkan di Indonesia dimata ASEAN adalah “Heavenly Asia.” Semoga sebuah tagline
ini bisa mengundang wisatawan untuk hadir di Indonesia, terlebih lagi bisa
merubah kehidupan Indonesia yang lebih baik dari sisi pembangunan fisik maupun
non fisiknya.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar