Minggu, 31 Agustus 2014

ALQURAN HISHNA TERBITAN SYAAMIL QURAN SEBAGAI PELENGKAP KESEHARIAN MUSLIM



Alquran adalah sebuah tuntunan dalam hidup umat muslim. Diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Panduan hidup untuk umat Nabi Muhammad serta sebagai pelengkap kitab-kitab terdahulu (Injil, Taurat, Zabur).
Al-Quran yang terdiri atas 30 juz tersebut memang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk keseharian hidupnya. Seorang mukmin yang memiliki keimanan akan bergetar hatinya saat dibacakan ayat-ayat AlQuran. Bukan saja seorang muslim yang tergerak hatinya namun umat agama lain jika mempelajari Al-Quran lebih jauh pasti akan menemui kebermanfaatan dan ketenangan dalam hidupnya di dunia.
Al-Quran yang menjadi tuntunan hidup manusia perlu adanya sebuah modifikasi agar kejenuhan tidak terjadi dalam membaca Al-Quran. Serta selain itu perlu adanya sebuah Al-Quran yang menuntun lebih jauh agar saat membacanya memang memiliki kebermanfaatan. Antara kebermanfaatan tadi yaitu adanya tajwid maupun kandungan ayat pada AL-Quran tersebut.
Dalam dunia penerbitan di Indonesia terdapat sebuah penerbit yang konsen dalam merancang Al-Quran agar bisa enak dibaca serta memahami maksud kandungan ayat. Penerbit tersebut adalah SYAAMIL QURAN. Penerbit ini selalu memberikan nuansa baru dalam penerbitan Al-Quran. Beragam jenis telah disuguhkan oleh penerbit ini.
Memang pada tahun sebelum 2000an Al-Quran sangat sulit dan lelah dalam membacanya. Hal ini dikarenakan khat dalam Al-Quran memakai khat makkah. Namun beriring perkembangan jaman. Penerbit Syaamil Quran mencoba menerbitkan Al-Quran dengan khat Usmani Madinah yang enak dibaca, tidak membuat lelah dalam membaca, serta susunan ayat yang disusun menarik yaitu tiap 1 juz Al-Quran ditulis dalam 20-an halaman. Sungguh enak membaca dan mudah mengetahui targetan membaca Al-Quran dalam sehari. Al-Quran yang pertama kali terbitan Ayaamil Quran yaitu berjenis Al-Hambra A6. Al-Quran ini memiliki retsleting dan jaket penutup quran sehingga tidak mudah terkena debu atau air saat selesai dalam membaca. Selain Al-Quran jenis Al-Hambra yang saya miliki saya tertarik akan jenis Al-Quran lain dari penerbit Syaamil Quran ini, yaitu Al-Quran Hishna.
Ketertarikan saya ini kepada Al-Quran jenis Hishna ini yaitu karena akan saya gunakan sebagai hadiah untuk istri tercinta (huhuy..), harga yang menarik, bahan dari cover Al-Quran ini sangat ekslusif yaitu terbuat dari balutan dengan kain suede yang dilengkapi dengan hiasan renda dan rangkaian bebatuan handmade yang elegan, serta terdapat bandul yang menarik sehingga membuat kesan Al-Quran jenis Hishna ini dengan kefeminiman wanita yang kental.

syaamilquran.com

Selain itu ada keunikan dan kelengkapan dalam Al-Quran Hishna ini yaitu sebagai berikut : 

1. Khat Vector Tajwid  Rasm Usmani
Khat ini yang saya katakan di awal tadi yaitu sangat enak dibaca, nyaman dan tidak membuat mata lelah dalam membaca karena penulisannya yang stabil dan jelas. Sejak tahun 2003 saya lebih familiar dengan khat ini sehingga jenis AlQuran Hishna ini dapat menjadi pegangan dan peneman untuk saya, istri dan keluarga dalam keseharian nantinya.

2. Standard Pewarnaan Terbaru Kementerian Agama RI
Kementerian Agama RI memiliki standar penulisan dan pewarnaan dalam Al-Quran. Standar yang terbaru yang dikeluarkan olelh Kementerian Agama RI yaitu terdapat pada Al-Quran jenis Hishna ini sehingga tidak akan was-was dan dicurigai oleh siapapun saat membaca Al-Quran karena kementerian Agama telah membuat rujukan pewarnaab dan penulisannya.

3. Tashih Kementerian Agama RI
Tashih Kementerian Agama RI sangatlah penting. Tanpa adanya tashih maka Al-Quran akan dengan mudah berubah dan menjadi aneh dalam membacanya. Oleh sebab itu Al-Quran terjaga keaslian sejak jaman Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya tashih ini maka AlQuran di Indonesia akan terjaga kemurnian dan keasliannya.
Pernah saat tahun 2004, dimana saya memiliki Al-Quran jenis AlHambra memiliki kesalahan dalam penulisan ayatnya (kalau tidak salah ada 3 ayat). Lalu sang penerbit yaitu Syaamil Quran memberikan permintaan maaf dan menarik kembali AL-Quran Al-Hambra yang diterbitkan pada tahun 2004 silam.
Oleh sebab itu dengan adanya kejelasan tashih dari kementerian Agama RI ini membuat Al-Quran jenis Hishna ini sangat terjaga kemurnian dan keaslian Al-Quran nya.

4. Ayat Pojok
Sebagai muslim tentu tidak ingin sekedar membaca saja. Menjadi hafidz (hafal) quran adalah sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Dengan bantuan 15 baris pada penggalan ayat serta terdapatnya ayat-ayat pojok bisa menjadikan standar dalam penghafalan quran tadi. Sehingga penghafalan quran bisa dengan mudah dan lancar. Serta menjadi hafidz Quran adalah sudah menjadi keharusan.

5. Asbabun Nuzul
Asbabun Nuzul berarti asal-usul turunnya ayat pada Al-Quran. Penyusunan Asbabunnuzul pada Al-Quran jenis Hishna ini sebagaimana yang dijelaskan pada syaamilquran.com yaitu mencakup hal-hal berikut.
  1. Penyusunan pada ayat-ayat yang memiliki sebab turun ayat yang telah disepakati oleh para ulama.
  2. Mengutamakan periwayatan sahih dan dengan memperhatikan matan dari kandungan riwayat-riwayat tersebut.
  3. Sumber rujukan utama penyusunan Asbabunnuzul ini adalah kitab Lubabun­nuqul Fi Asbabinnuzul karya Jalaluddin As-Suyuthi dan Kitab Asbabunnuzul karya Imam Al Wahidi. Dilengkapi pula dengan rujukan Asbabunnuzul (Studi Pendalaman Al-Qur’an) karya A Mujab Mahali.
Dengan adanya asbabun nuzul semoga upaya dalam memahami kenapa ayat diturunkan akan semakin jelas sehingga bisa diambil intisari untuk kehidupan pada masa kini.

6. Fhadilah Ayat
Fhadilah ayat adalah hal yang penting agar setiap yang membaca Al-Quran semakin mengetahui akan kandungan isi ayat dalam Al-Quran yang dibacanya. Fadhilah ayat ang terdapat dalam AL-Quran jenis Hishna ini berdasar pada referensi shahih serta terdapat kesinambungan kaitan hadits tentang akhlak mulia yang terdapat pada ayat tersebut.
Dalam Al-Quran jenis Hishna ini sebagaimana yang terdapat pada syaamilquran.com isi ayat fhadilah mencakup beberapa pokok tinjauan berikut:
1. Keutamaan amal keseharian berdasar referensi yang sahih.
2. At-Targhib; Motivasi yang disampaikan Rasulullah saw. jika seorang hamba mengamalkan amalan terpuji yang mengakibatkannya dijanjikan masuk surga dan segala kebaikan di dalamnya.
3. At-Tarhib; Ancaman yang disampaikan Rasulullah saw. jika seorang hamba mengamalkan amalan jelek yang mengakibatkannya mendapat ancaman masuk neraka dan segala siksa di dalamnya.
4. Keutamaan surah; Mushaf ini juga menyampaikan keutamaan surah yang bisa diamalkan dan dibumikan di keseharian kita, dan tentunya berdasar kepada referensi yang bisa dipertanggung-jawabkan’
Semoga dengan adanya kandungan fadhilah ayat ini kita semakin berusaha untuk mengamalkan isi Al-Quran serta menjadikan sebagai orang mukmin yang senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT.

7. Hadits Tentang Wanita dan Keluarga
Al-Quran jenis Hishna juga mencakup hadits-hadits riwayat Bukhari, Muslim dan Kutubusittah tentang wanita dan keluarga, Hadits ini akan membantu wanita dalam hal keilmuan untuk menggapai sebuah keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Berharap dengan adanya bantuan dari hadits-hadits yang diuraikan dapat menjadikan wanita sebagai bidadari surge yang diidam-idamkan oleh para wanita.

8. Klasifikasi Ayat Al-Qur’an
Klasifikasi Al-Qur’an yang terdapat pada Al-Quran jenis Hishna ini disusun seperti berikut ini.
  1. Susunan indeks tematik berdasarkan empat tema pokok Al-Qur’an, yaitu akidah, akhlak, syariah, dan sirah (kisah).
  2. Keempat tema pokok tersebut kemudian diklasifikasikan ke dalam 15 (lima belas) bagian, yakni arkanul Islam, iman, Al-Qur’an, ilmu, amal, dakwah, jihad, manusia, akhlak, harta, hukum, kemasyarakatan, pertanian dan perdagangan, sejarah (kisah), dan agama-agama.
9. Blok Al-Qur’an per Tema Ayat
Al-Quran jenis Hishna ini juga mencakup blok Al-Quran per tema ayat. Hal ini sangat berguna dan membantu dalam memudahkan menghafal ayat-ayat Al-Quran sesuai dengan tema. Sehingga Diharapkan kepada siapa saja yang membaca Al-Quran Hishna ini akana terpacu untuk menjadi muslim yang hafidz Quran

10. Tanda-tanda Baca dalam Al-Qur’an
Hal ini sangatlah penting dalam Al-Quran. Sebagaimana Al-Quran jenis lainnya, AlQuran jenis juga mencakup tanda-tanda baca dalam Al-Quran. Sehingga bagi siapa yang membaca Al-Quran jenis Hishna ini akan semakin mudah dalam mengatur nafas untuk berhenti pada tanda-tanda waqaf (berhenti). Dengan adanya tanda-tanda waqaf ini pula semakin membuat seseorang yang membaca Al-Quran jenis ini tentu saja tidak akan lelah dalam membaca Al-Quran karena sudah ada panduan dimana dan kapan akan berhenti dengan bantuan tanda-tanda waqaf.

11. Materi-materi dari MTG Forwomen
Dengan bantuan materi dari MTG For Women diharapkan pembaca bisa termotivasi untuk menjadi lebih baik dalam menapaki kehidupan di muka bumi.

Begitulah sebuah ulasan dari review produk Al-Quran jenis Hishna. Semoga saya bisa membelikannya untuk hadiah ULTAH istri saya. Amiinn.. J

Ohya, bagi siapa yang ingin memiliki Al-Quran jenis ini bisa didapatkan melalui CP berikut :
syaamilquran.com

Wallahu alam bishawab

Gambar yang ada diambil dari syaamilquran.com 


1 komentar:

Baba Studio mengatakan...

Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
Websitedari babastudio.

Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


Salam
Baba Studio