Kurikulum menurut UU nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 19 adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan pengembangan kurikulum
2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang
telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan secara terpadu.
Dalam kurikulum 2013,
penyempurnaan pola pikir yang hendak dituju yaitu berpusat pada siswa,
interaktif, lingkungan jejaring, aktif menyelidiki, konteks dunia nyata,
pembelajaran berbasis tim, perilaku khas memberdayakan kaidah keterikatan,
stimulasi ke segala penjuru (semua panca indera), koperatif, kebutuhan
pelanggan (siswa mendapat dokumen sesuai dengan ketertarikan sesuai
potensinya), Jamak (keberagaman inisiatif individu siswa), Pengetahuan disiplin
jamak (pendekatan multidisiplin), otonomi dan kepercayaan (siswa diberi
tanggung jawab), kritis (membutuhkan pemikiran kreatif), pertukaran pengetahuan
(antara guru dan siswa, maupun antara siswa dan siswa dan lainnya), dan alat
multimedia (berbagai peralatan teknologi pendidikan).
Bahan presentasi dari KEMENDIKNAS. (dokumentasi pribadi)
Dari sebuah pemaparan
dari DIKNAS terkait kurikulum 2013 maka perlu adanya sebuah motivasi pengajaran
menggunakan alat multimedia (berbagai teknologi pendidikan). Saya sendiri
selaku guru merasakan sebuah kebermanfaatan dari adanya penggunaan media Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK).
Awalnya setelah
mendapat sebuah metode pengajaran menggunakan TIK sebelum adanya kurikulum 2013
yaitu di tahun 2011, saya menggunakan sebuah power point untuk sebuah materi
logaritma. Pada penggunaan materi ini saya mencoba memaparkan sebuah bahan
pengajaran yang saya buat dalam power point lalu saya presentasikan dalam
bentuk pengajaran di kelas. Siswa ternyata senang dengan adanya tampilan powerpoint tersebut.
Namun, seiring berjalannya waktu saya melihat bahwa metode yang saya
gunakan ini kuranglah berimbas kepada siswa ditambah lagi dengan adanya
penambahan waktu yang lebih banyak saat peserta didik (siswa) mencatat materi
dari bahan presentasi yang saya buat. Ditambah lagi beberapa siswa mencoba
memindahkan bahan presentasi yang saya buat ke dalam flash disk peserta didik.
Hal ini digunakan agar peserta didik bisa melihat dan mempelajari kembali bahan
materi yang saya berikan yang terdapat power point tadi. Hal ini memang
berhasil. Namun belum sepenuhnya mengena dan kurang optimalnya pembelajaran.
Video Media Pengajaran Di Kelas Menggunakan TIK (dokumentasi
pribadi)
Akhirnya belajar dari
hal tersebut. Saya mencoba untuk membuat file power point yang saya dengan file
ekstensionnya juga yaitu file .pps (power point show). Hal ini saat siswa
menklik file ini otomatis file ini langsung berjalan berdasar yang telah saya
atur kapan keluar dan kapan terhenti, atau bahkan bisa otomatis seperti
layaknya video. Beberapa metode untuk evaluasi pun saya buat pada akhir
pembelajaran digabungkan dengan evaluasi untuk siswa. Dengan adanya sebuah
saran dan kritik dari siswa kepada saya terkait metode pengajaran yaitu
diantaranya bahwa siswa menginginkan agar saya bisa membuat sebuah video
sehingga peserta didik bisa mengakases dan mengulang dengan bantuan melihat
video dimana saya sedang mengajar dan presentasi terhadap materi pelajaran
terkait.
Seiring waktu dan mulai
berlakunya kurikulum 2013 membuat saya harus mencari metode dimana siswa juga
harus aktif dalam pembelajaran termasuk penggunaan TIK pada materi
pembelajaran. Saya mencoba mencari di internet sebuah metode yang digunakan
pada tiap materi. Di saat yang bersamaan ternyata saya juga menemukan pelatihan
untuk menunjang PKB (Program Keprofesionalan Berkelanjutan) saya sebagai guru.
Video Hasil Pelatihan Tentang Video Pembelajaran
(dokumentasi pribadi)
Dari adanya
pelatihan-pelatihan tersebut saya pun mencoba membuat sebuah video
pembelajaran. Hal ini juga terkait dengan saran dan kritik dari peserta didik
terhadap saya selaku pentransfer materi pembelajaran. Video ini sangat berguna
untuk menunjang program pembelajaran di kelas. Saat di kelas saya akan memulai
dengan sebuah diskusi kepada siswa dengan adanya beberapa tampilan presentasi
yang saya buat terkait materi. Nah, video ini akan saya bagikan juga kepada
siswa untuk dipelajari mandiri selain di kelas. Saat berada di rumah, di kelas,
maupun dimana-mana saja peserta didik bisa melihat video tersebut.
Video Pengajaran Materi Logaritma. (dokumentasi pribadi)
Sebagaimana halnya
penerapan TIK dalam pembelajaran di kelas, tak lupa saya membuat sebuah RPP
yang tersusun baik. Pembuatan sebuah RPP yang baik akan menghasilkan penerapan
pengajaran dan penyerapan mata pelajaran yang baik pula tentunya. Hal ini pun saya susun dengan sebaiknya. Memang, sebelumnya pernah membuat sebuah metode
pengajaran dengan TIK tanpa membuat RPP yang terdapat TIK didalamnya. Dan
mendapatkan sebuah hasil yang kurang memuaskan RPP ini juga akhirnya sebuah
metode pengajaran di kelas pun menjadi suatu hal yang menakjubkan dan
mendapatkan hasil pengajaran yang lebih baik.
Semoga pengalaman ini
bisa menginspirasi dan bermanfaat. Terima kasih.
*Sebagai penutup berikut beberapa video
siswa menyanyikan lagu-lagu bertema guru saat graduation di tempat saya mengajar untuk sebuah ucapan terima kasih
kepada Bapak/Ibu guru.
2 komentar:
semoga sukses
makasih mbak
Posting Komentar