Selasa, 26 Agustus 2014

BUKU ANAK YANG MENARIK DAN BERGIZI





Berbicara tentang buku untuk anak adalah suatu hal yang memang menjadi perhatian yang lebih. Apa sebab? Karena sepanjang pengetahuan saya tentang buku anak di Indonesia begitu memprihatinkan. Beberapa penerbit dn penulis mencoba untuk mengembangkan dan menyebarluaskan buku anak, namun lagi-lagi belum terlalu banyak yang membuahkan hasil.

Jika kita bandingkan dengan buku-buku anak terjemahan semisal karya Enid Blyton yang cukup fenomenal dengan Lima Sekawan nya. Maka perlu banyak perhatian bagi penulis serta penerbit di Indonesia dalam mengembangkan buku anak.

Saya sendiri dalam mencari buku anak yang bagus itu hanya melalui media online yang itu sendiri tidak diketahui kapan terbit buku anak tersebut. Mulai dari buku anak yang berjenis buku bantal, buku bongkar pasang atau apapun itu sangat susah dicari. Bahkan harus memesan terlebih dahulu kepada penjual buku online untuk mencarikannya.

Dengan kondisi yang demikian memprihatinkan memang perlu perhatian yang lebih kepada pemerintah di negeri kita Indonesia ini. Melihat kondisi buku anak yang saya punya untuk anak-anak saya, saya perhatikan bahwa kebanyakan anak-anak akan merasa tertarik dengan tampilan buku yang menggugah dan full colour. Sebagai contoh buku berikut yang menjadi buku favorit anak saya.



Selain penampilan buku yang full colour , dan penataan layout untuk kover yang menarik perlu juga dicari buku-buku yang menggoda, seperti buku berikut yang disukai pula oleh anak saya,




 Ada satu lagi buku yang unik yang berbentuk puzzle. Buku ini bisa meransang daya kreasi otak anak, buku ini contohnya,



Selain buku-buku yang menarik, jangan pula disama artikan dengan buku yang bisa menjadikan inspirasi untuk anak-anak yaitu seperti buku Enid Blyton dengan Lima Sekawannya, maka perlu agar buku-buku anak itu bergizi. Bergizi dengan artian bisa merubah sikap akhlak yang lebih baik serta bisa dijadikan inspirasi untuk perkembangan hidupnya.

Ada beberapa masukan dari saya untuk penulis, atau penerbit atau mungkin kita semua dalam menjadikan buku anak yang bergizi.

1.       Kesesuaian buku dengan anak.
Kesesuaian buku ini berarti bisa meransang otak dan daya pikir anak. Jangan pula disamakan antara buku untuk anak TK/PAUD dengan buku anak yang sudah kelas 6 SD. Hal ini masih kerap terjadi di Indonesia, tanpa memberikan peruntukan buku untuk anak. Dengan daya kreasi yang pas dan sesuai dengan umur anak maka anak juga bisa berkreasi dengan hidupnya dan daya nalar aka nisi dari buku.

2.       Alur cerita yang baik
Dengan adanya alur cerita yang baik maka daya cerna anak akan lebih menunjang dan dapat mengambil sebuah kesimpulan dari apa yang dibaca oleh sang anak. Namun sebaliknya jika alur cerita kurang mendukung maka otomatis daya cerna anak akan cerita menjadi buyar dan kesimpulan dari cerita yang ingin disampaikan tentu akan buyar pula nantinya.

3.       Gagasan yang penuh Inspirasi
Nah, bagian ini yang sangat penting yaitu gagasan cerita yang bisa menjadi inspirasi bagi anak untuk merubah sikap akhlaknya. Sebagaimana pengalaman saya membaca buku lima sekawan karya Enid Blyton bisa merubah sikap untuk pantang menyerah dalam menghadapi situasi serta mempunyai jiwa persahabatan dan jiwa kepahlawanan yang lebih baik. Begitu pula terhadap buku anak di Indonesia masih diperlukan adanya buku-buku dengan gagasan yang penuh inspirasi yang lebih bermakna, agar anak-anak Indonesia juga memiliki sikap untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

4.       Daya ransang buku untuk menarik gagasan yang penuh inspirasi
Bagian terakhir yang ingin disampaikan ini mungkin bisa juga menjadi bahan acuan dari adanya gagasan tadi. Hal ini dimaksudkan kesinergisan antara bagian luar buku dengan isi yang ingin disampaikan di dalam cerita sejalan dengan gagasan utama dari penulis tentunya. Jangan hanya melihat buku nya menarik dari tampilan cover namun saat dibaca pada bagian dalamnya ternyata isi bukunya jauh berbeda dengan isi di dalamnya. Sehingga mengakibatkan daya ransang buku untuk menarik gagasan ini tidak terjadi. Sehingga inspirasi dari buku menjadi kabur pula tentunya. Berharap agar buku anak Indonesia bisa mensinergiskan antara daya ransang buku pada cover bukunya bisa tersampaikan dengan membaca isi di dalam cerita tersebut.

Dengan adanya sebuah buku anak yang menarik dan bergizi maka bukan tidak mungkin anak di Indonesia bisa mempunyai inspirasi dari buku-buku tersebut sehingga budaya membaca menjadi meningkat dan tentunya perubahan Indonesia kea rah yang lebib baik akan dengan mudah terwujud melalui anak-anak yang mempunyai gagasan yang kuat melalui pemikiran yang dimilikinya dengan adanya buku anak yang bermanfaat.




*Gambar-gambar di atas documen pribadi dengan menggunakan kamera blackberry curve 9250

Tidak ada komentar: