Senin, 25 Agustus 2014

TRIK AGAR PAMERAN BUKU SEMAKIN MENARIK


Pameran dalam Kamus Besar bahasa Indonesia diartikan sebagai pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dsb). hal ini menjadi jelas bahwa dalam pameran selalu ditampilkan beraneka ragam barang hasil produksi maupun jasa. Pameran yang menarik selama ini menurut saya yaitu pameran budaya karena disana kita bisa melihat beragamnya budaya yang ditampilkan atau dihadirkan. Mengapa pameran budaya terlihat begitu menarik? hal ini dikarenaka adanya penataan ruang yang begitu menarik selain dari adanya faktor-faktor lain seperti pencahayaan maupun adanya sebuah hiburan berupa tarian, lagu, bahkan hasil seni dari suatu daerah.

Selain dari pameran budaya terdapat pula pameran lain yang mengundang hati saya untuk mengunjunginya yaitu pameran buku. Pameran buku hingga saat ini perkembangannya sudah mulai semarak dilakukan. Tak jarang setiap daerah memiliki sebuah pameran buku yang diadakan setiap setahun sekali minimalnya, bahkan ada yang dua hingga lebih dalam setahun. pameran buku memang terkait dengan uniknya buku-buku yang perlu ditampilkan disana. Baik buku-buku dengan jenis profesi, hobi, fiksi, religi maupun genre dari buku tertentu. Hal ini juga sangat mendukung bagi pencinta buku untuk mengunjungi pameran buku tersebut.

Terkait pameran buku memang banyak cara yang dilakukan oleh pelaksana agar dalam pameran ini terlaksana dengan baik. Bagi seorang EO (Event Organizer) dari pameran buku mengharapkan seluruh stand yang disewakan untuk penerbit , toko buku, ataupun produk lainnya dapat terisi dengan penuh sehingga menghasilkan keuntungan bagi EO sendiri. Sedangkan bagi penyewa stand dalam pameran berharap agar pengunjung ramai di standnya dan berharap agar buku-buku ataupun barang yang diperjualkan dapat menghasilkan kentungan yang lebih baik.

Dalam hal menghasilkan pundi-pundi uang ini bagi penyewa stand yaitu sang penerbit atau toko buku biasanya menjual beberapa buku-buku yang dijual dengan system diskon. Dengan system ini memang banyak dari pencinta buku yang mengharapkan beberapa diskon saat pameran berlangsung. Katakanllah dalam sebuah pameran buku Islamic Book Fair yang diadakan di Gelora Bung Karno beberapa waktu silam , buku-buku dengan system diskon seperti Tafsir Fii Zhilalil Qur’an, Tafsir Ibnu Katsir ataupun Al-Wafi selalu dijual lebih miring dan membuat sang pencinta buku-buku islami menantikan hal ini. Selain dengan buku-buku diskon ini sangat berguna bagi konsumen yang menghadiri pameran dan juga mencari buku ini dengan harga yang miring, maka timbal balik kepada produsen buku yaitu menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan baik.

Selain system diskon, ada beberapa langkah untuk mengundang pembaca ataupun konsumen buku agar mendatangi pameran buku yaitu diantaranya :

1.      1.  Adanya bedah buku/talk show/jumpa penulis
Tak bisa dipungkiri memang, kepada pembaca memiliki penulis idaman. Dengan adanya bedah buku/talk show/jumpa penulis akan mengundang pembaca untuk menghadiri pameran buku. Sebutlah beberapa penulis yang telah memiliki nama seperti Habiburrahman El-Shirazy, Asma Nadia, Isa Alamsyah, Raditya Dika, Boim Lebon serta masih banyak lagi penulis yang memiliki karya yang best seller yang memiliki fans tersendiri bagi mereka. Dengan adanya aktivitas ini tentu akan mengundang keramaian bagi pameran buku itu sendiri.

2.      2.  Membuat stand yang lebih menarik
Penataan stand yang lbih menarik juga bisa mengundang masyarakat untuk menghadiri sebuah pameran buku. Dalam beberapa pameran yang hadiri, penataan stand pameran yang menarik mengundang banyaknya pengunjung dari khalayak. Yang sering dialami di Indonesia khususnya untuk pameran buku, setiap stand selalu ditampilkan seragam dengan nuansa seni yang biasa-biasa saja. Kenapa tidak dicoba dengan beberapa stand yang menarik penataannya seperti stand dengan penataan bukunya dengan rak buku yang unik seperti pada gambar berikut :



Gambar diambil di sini


3.      3.  Adanya nuansa lagu yang hadir pada stand
Hal ini juga akan mengundang beberapa khalayak untuk dapat menghadiri stand pameran yang dibuat. Dengan adanya nuansa music orang akan lebih banyak hadir karena music dapat memiliki efek mendalam bagi perasaan seseorang. Dengan adanya music juga akan membuat suasana hati seseorang/khalayak lebih welcome untuk dapat hadir pada pameran

4.      4.  Adanya beberapa informasi terkait kuis dari stand-stand
Bagi khalayak masyarakat Indonesia yang menyukai adanya beberapa hadiah maka kuis yang diadakan di stand ataupun pada pelaksana pameran akan membuahkan hasil ramasinya pengunjung. Mengapa tidak? Sebagai contoh dengan adanya beberapa kuis yang diadakan pada sebuah even di TV membuahkan hasil yang tidak sedikit. Hal ini juga mengundang rating tersendiri bagi even di TV tersebut. Nah, terkait pameran buku ini bisa juga dicoba dengan adanya  kuis pada stand-stand, sehingga khalayak pun berusaha sedapat mungkin untuk dapat menghadiri pameran buku tersebut.

5.     5.  Gunakan fasilitas computer
Hal ini sangat berguna bagi khalayak untuk mencari beberapa buku yang dibutuhkan. Selain itu jika di stand buku pengunjung tidak bisa menemukan buku yang sedang dicarinya. Maka dengan bantuan system komputerisasi, stand akan berusaha memaksimalkan peluang berbincang dengan pembaca terkait buku yang dibaca akan hadirnya buku tersebut. Sistem computer ini memang sudah ada pada beberapa toko buku besar. Nah, kenapa tidak juga diusahakan adanya system computer ini pada pameran buku. Sungguh membuat ramainya pameran buku kan?

6.     6.  Promosi pada social media
Beberapa langkah strategis lainnya yang bisa digunakan yaitu dengan adanya bantuan dari media social. Seorang EO serta penyewa stand berusaha memasarkan dan mengundang khalayak untuk hadir pada pameran buku dengan adanya promosi melalui media social ini. Dengan bantuan social media bukanlah tidak mungkin pameran buku bisa melonjakkan kenaikan pengunjung serta meningkatkan keuntungan.

Dari beberapa langkah-langkah untuk memajukan sebuah pameran maka tidak ada salahnya jika menggunakan cara-cara tersebut. Karena untuk mengundang khalayak Indonesia untuk gemar membaca yaitu dengan mengundangnya pada beberapa event pameran buku ini tentunya. Mari bersama kita berusaha meningkatkan kebudayan membaca Indonesia dengan berbagai pameran buku yang menarik dan menggugah selera.

 Jayalah Membaca!

7 komentar:

Aisyah Shinta mengatakan...

keren rak2 bukunya.. kayaknya idenya OK juga tuh pameran dengan rak buku dan penataan nan apik.. kapan rumah kita juga punya rak buku seperti itiu? :)

Saepullah mengatakan...

Sabar ya.. smg dilain waktu bisa mewujudkannya.. :)

SMA IIBS RI mengatakan...

Idenya lumayan

a.e.zen mengatakan...

setuju ama display buku yang menarik
selama ini..pameran buku gitu gitu aja..kalo gak di rak ya di atas meja..kadang masih ada di dalam kardus (buku yg harga 5.000-10.000)
yang bikin heran seringnya berjudul "pameran buku" tapi begitu masuk venue banyak yang jual tulilut, makanan, dsb..bukan buku

Fakhri mengatakan...

dengan adanya display buku dan penataan yang menarik maka akan mengundang mata dan hati untuk menghadirinya mas.. Gud Lak..

Turmudi mengatakan...

Saya lebih suka diskonnya untuk pameran buku.. tapi klo ada rak buku yang menarik tersebut, ok juga tuh.. bisa jadi inspirasi untuk buat rak buku di rumah tuch..

zasachi mengatakan...

rak bukunya bagus banget... 😆