Kamis, 11 Juni 2015

Belajar Mencintai


Dum Laga Ke Haisha jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Kerahkan Energimu Bawa Bebanmu. Film ini menceritakan sebuah kisah romantic dari pria yang tidak tamat SD dinikahkan dengan wanita yang telah mendapat gelar sarjana pendidikan.
Diawali dengan kisah Prem yang tidak bisa berbahasa Inggris dan akhirnya tidak lulus SD. Prem akhirnya berdikari dengan membuat usaha sebagai perekam lagu dengan membuat sebuah kaset. Prem yang menyendiri dan kemampuan yang seadanya membuat orangtua memikirkan nasib Prem. Prem akhirnya dijodohkan dengan Sandhya seorang sarjana pendidikan yang baru saja lulus dari universitas.
Prem tidak serta merta menerima Sandhya, karena ukuran tubuh Sandhya yang jauh diluar dugaan wanita ideal tinggi semampai, namun Sandhya berbadan gempal dan bulat. Prem menerima Sandhya demi memenuhi keinginan orangtuanya agar dirinya bisa berkeluarga.
Berbeda dengan Prem, Sandhya yang memiliki tubuh gempal tetap percaya diri meskipun banyak yang meledeknya. Keinginannya untuk menjadi seorang pendidik (guru) membuat dirinya over expert. Kepercayaan dirinya inilah yang membuat dirinya percaya diri dan berani untuk mencintai Prem.
Prem dan Sandhya akhirnya dinikahkan di sebuah kuil. Mereka menjadi seorang suami-istri yang penuh teka-teki. Saat malam pertama pun hanya berlangsung biasa saja tanpa adanya peristiwa malam pertama. Namun, Sandhya berusaha menutup-nutupi kekurangan dari suaminya. Disinilah hikmah yang bisa diambil bahwa seorang istri harus menutupi aib yang ada pada seorang suami selagi suami tidak melakukan perbuatan dosa.
Sandhya dan Prem pun masih tinggal di rumah orang tua Prem. Masalah baru pun muncul yaitu kecerdasan yang dimiliki Sandhya tidak bisa diterima oleh keluarga Prem. Sandhya yang memiliki gaya apa adanya tidak bisa bergaul dan menyesuaikan dengan kondisi keluarga Prem. Konflik terbesar pun muncul dari adanya pertentangan antara Sandhya dan adik dari ayahnya Prem. Sedangkan antara Sandhya dan orang tua Prem tidak ada masalah, karena orangtua Prem bisa meyembunyikan kekurangan yang ada di keluarganya.
Prem yang tersiksa batinnya untuk belajar mencintai Sandhya akhirnya sampai pada batas bahwa dia akan berpisah dengan Sandhya. Konflik ini mencuat saat terjadinya pesta dimana Prem dalam kondisi mabuk mengungkapkan bahwa dirinya tersiksa batin harus hidup dengan istri yang berbadan gembul. HIngga dalam kondisi mabuk Prem menghina Sandhya dihadapan teman-temannya untuk merasakan meniduri Sandhya semalam saja.
Kondisi ini terdengar oleh Sandhya. Sandhya berang dan menampar Prem. Sandhya kembali kepada kedua orang tuanya dan mengurus perceraian mereka.
. Kondisi mabuk ini pula membuat persengketaan Prem bukan saja dengan Sandhya namun jugaa dengan teman-teman Prem.
Dalam kondisi mengurus perceraian namun pihak peradilan memutuskan agar mereka bisa bertahan hidup selama enam bulan, jika dalam waktu tersebut tidak terjadi kesepahaman maka keputusan peradilan pun jatuh.
Masa enam bulan tersebut akhirnya membuat Sandhya harus bisa tetap berperilaku sebagai seorang istri yang baik. Namun Prem masih juga belum mencintai Sandhya.
Kondisi semakin diperparah dengan adanya kondisi keuangan Prem yang tidak mendukung. Teman dari Prem membuat sebuah label perekaman dengan system CD yang lebih modern. Temannya Prem membuat toko persis di depan toko Prem. Teman Prem bersedia mengalah asalkan Prem mau mengikuti lomba menggendong istri, dan berhasil menjadi juara.
Tantangan tersebut, tidak serta merta di iyakan oleh Prem. Karena kondisinya dengan Sandhya yang sedang diujung tanduk.
Film yang berkisah tentang plot yang maju dan mengalir apa adanya jauh berbeda dengan film India kebanyakan. Film ini banyak mengisahkan tentang arti cinta, perjuangan, dan kehidupan rumah tangga. Dengan tampilan gambar yang juga seadanya dan menggambarkan kondisi masa lalu sangat rapid an terlihat film berdasar kisah pada masa tersebut.
Film ini juga berbeda dengan film India dengan ciri khas adanya adegan tari, dan lagu, namun dalam film ini tarian bukan sebagai ciri khas nya melainkan nuansa kehidupan lah yang ingin ditampilkan. Film yang inspiratif dan penuh dengan haru biru ini layak ditonton untuk segala umur. Belajar mencintai dari tokoh Prem yang diperankan oleh Ayushmann Khurrana kepada Sandhya yang diperankan oleh Bhumi Pednekar ini perlu ditonton untuk dapat memahami arti cinta yang sebenarnya.

Yash Raj FIlms
Sutradara: Sharat Katariya
Pemain: Ayushmann Khurrana, Sanjay Mishra, Kumar Sanu etc

Tidak ada komentar: