Senin, 31 Agustus 2015

Menikmati Indahnya Sumatera Barat dari wisata di Kota Bukittinggi









                Berkeliling wilayah Sumatera Barat memang mengasyikkan. Hampir sepuluh tahun berada di Sumatera Barat, namun tak banyak yang bisa kujelajah di propinsi yang dilalui oleh Bukit Barisan ini. Saat ini, untuk menjangkau wilayah ini jika dari jakarta bisa menggunakan maskapai pesawat Garuda Air, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink.
Wilayah Sumatera Barat ini sendiri memiliki banyak daerah wisata, diantaranya Taman Nasional, Cagar Alam, Ngarai, Pantai, serta ada juga peninggalan kebudayaan nasional yang patut untuk dikunjungi. Namun, sayang sungguh sayang, saya belum banyak waktu (maksudnya belum memiliki dana yang cukup untuk menjelajah daerah-daerah tersebut). Semoga masih memiliki kesempatan untuk bisa mengunjungi semua keindahan alam Sumatera Barat ini yang penuh eksotik dan keindahan.
                 Pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita tentang satu wilayah yang berada di propinsi Sumatera Barat, yaitu di wilayah kota Bukittinggi. Bukittinggi adalah sebuah kota pendidikan. Bukittinggi pula yang menjadi alasan Negara-negara lain pada jaman 80-an dan sebelumnya untuk datang belajar ke daerah ini. Namun, sekarang Negara-negara yang pernah belajar ke Bukittinggi seakan melupakan hadirnya Bukittinggi. Bukittinggi pula yang menjadi sebuah eksotik keindahan dan kemenawanan propinsi Sumatera barat.
                Di Bukittingi ada apa aja sih..?
Aku dan Istri saat berada di bawah Ngarai Sianok
                Bukittinggi yang merupakan kota kecil ini terdapat daerah wisata, yaitu Jam Gadang, Benteng Fort De Kock, Rumah Bung Hatta, Ngarai Sianok, Lobang Jepang, janjang Saribu (Tangga Seribu), Janjang Ampek Puluah (Tangga Empat Puluh), belum ada daerah eksotik yang berada di pusat pemerintahan kota Bukittinggi.
                Jika ke Bukittinggi, untuk mendapatkan dan melihat eksotika wisata ini cukup dengan sekali pergi, maka bisa melihat dan berpindah ke wisata lainnya.
                Yang perlu pertama kali dikunjungi yaitu Lobang Jepang, wisata ini berdekatan dengan Ngarai Sianok. Pertama kali yang harus dilakukan yaitu masuk ke daerah wisata Ngarai Sianok. Saat telah memasuki daerah wisata melihat keindahan Ngarai, berfoto-fotolah sejenak (khas traveller yaitu berfoto bukan?), setelah puas dengan berfoto-foto maka pergi memasuki Lobang Jepang yang berada di wilayah Ngarai Sianok ini. Saat memasuki Lobang Jepang suasana gelap menghampiri. Karena Lobang Jepang ini konon dibangun pada masa Jepang sebagai tempat penyiksaan pejuang Indonesia. Nah, berada di Lobang Jepang hanya menelusuri Lobang saja, namun bagi seorang yang menikmati keindahan alam akan melihat keindahan bentuk dri Lobang Jepang ini.
                Setelah berada di dalam Lobang Jepang mari kita menelusuri ke bawah arah Ngarai Sianok. Disini keindahan alam akan terlihat kembali. Saat menelusuri sungai akan tiba pada sebuah daerah yang namanya Janjang Saribu (Tangga Seribu). Saat menaiki Janjang Saribu , akan keluar di sebuah daerah yang namanya Bukik Apik (Bukit Apit). Janjang Saribu apakah benar ada seribu tangga? Sebenarnya memang ada seribu, namun karena kondisi tangga yang berada di perbukitan maka mulai berkuranglah tangga-tangganya.. hehehe.. mungkin karena erosi dan longsor beberapa tangga juga sepertinya..
                Nah, Setelah dari Bukik Apik berjalan lah sedikit menuju daerah Benteng Fort De Kock. Berada di Benteng Fort De Kock kita akan melihat ornament sejarah peninggalan Belanda berupa meriam dan persenjataan. Di pinggian jalan untuk menambah eksotika juga dihadirkan beraneka jenis burung. Terus melaju menikmati keindahan di Benteng Fort De Kock yang kokoh, maka selanjutnya kita terus melaju menuju Jembatan Limpapeh. Jembatan ini berada di atas jalan Ahmad Yani yang menghubungkan antara wisata Benteng Fort De Kock dan Kebun Binatang Bukittiinggi. Nah, saat berada di kebun binatang ini kita akan melihat beberapa spesies binatang yang ada. Meski spesies binatang dan tumbuhan yang berada di kebun binatang Bukittinggi ini tidak sebanyak dengan yang berada di kebun binatang ragunan, namun jangan risau dan gundah. Keluar dari kebun binatan kita akan menikmati keindahan Jam Gadang.
                Keunikan Jam Gadang yaitu terlihat dari ornament jam nya dimana angka empat yang seharusnya tertulis IV , namun tertulis IIII. Begitu keindahan dan keunikan Jam gadang ini. Namun jika ingin melihat keindahan wilayah Bukittinggi alangkah baiknya kita memasuki Jam Gadang dan melihat wilayah Bukittinggi dari atas jam Gadang ini. Biaya yang dikeluarkan untuk bisa sampai atas Jam Gadang hanya Rp. 50.000,- (kalau sekarang karena dollar naik mungkin naik juga sepertinya..)
                Nah, keindahan jam gadang bisa dilihat saat malam hari. Oh ya, saat berada di jam gadang jangan terlupa untuk membeli souvenir=souvenir unik khas BUkittinggi ya.. Cukup berkeliling di wilayah pasar Ateh maka kita bisa melihat dan membeli souvenir khas Bukittinggi. Jika bisa menawar maka harga yang didapatkan akan murah.
                Jika kondisi tubuh masih fit, maka yang terakhir dikunjungi yaitu rumah Bung Hatta. Di rumah ini kita bisa melihat beberapa peninggalan bersejarah tentang tokoh perjuangan proklamasi yaitu Bung Hatta.
                Nah Demikianlah eksotika yang bisa kita nikmati cukup dalam waktu sehari untuk bisa mengelilingi keindahan Bukittinggi. Tidak perlu banyak waktu bukan..? Namun jika ingin memiliki banyak waktu ingin rasanya mengeliling Sumatera Barat untuk mendapatkan destinasi eksotika propinsi yang dilalui Bukit Barisan ini.. Semoga..
Istri, Ibu, dan Dua Keponakanku saat berada di atas Ngarai Sianok

http://blog.airpaz.com/id/lomba-menulis-airpaz-tulis-keinginanmu-menangkan-10-tiket-pesawat-gratis-keliling-nusantara/ 
 

4 komentar:

Tira Soekardi mengatakan...

memang indah alam Bukittinggi, aku mau kemabli ke sana

Saepullah mengatakan...

thanks udah BW.. yukz.. kembali ke Bukittinggi lagi..

Airpaz Team mengatakan...

Terimakasih atas partisipasinya dalam Lomba Menulis hadiah tiket pesawat gratis dari Airpaz.com

Semoga menang. :)

Airpaz Team

Ria mengatakan...

Semoga menang tiket pesawat airpaz nya yahhh.. :)