Minggu, 05 Agustus 2012

DARI RELAWAN HINGGA PENGGALANGAN DANA ONLINE DENGAN MARIMEMBANTU.ORG


DARI RELAWAN HINGGA PENGGALANGAN DANA ONLINE DENGAN MARIMEMBANTU.ORG

gambar diambil dari : http://www.bakosurtanal.go.id

            Bencana tsunami di Aceh membuatku terharu dan ingin rasanya berbagi disana. Namun apa daya ketika bertanya kepada Orangtua untuk membantu disana, Orangtua hanya berkata : “Apa yang kamu bisa lakukan disana?” sedih dan membatin hati ini. Begitupun ketika aku bercerita kepada teman-teman di kampus saat masih kuliah beberapa tahun yang lalu. Bencana tsunami tersebut menyibakkan tabir pada jiwa nan bergelora untuk menjadi relawan dan sepotong episode kehidupanku kelak.
            Terbukti benar adanya, gelora relawan pun kembali bangkit, saat bencana itu datang lagi di kecamatan Lembah Gumanti, kabupaten Solok, Sumatera Barat. Ingin rasanya menjadi relawan dan berbagi dengan sesama. Niat menjadi relawan akhirnya tercapai ketika tiba-tiba handphone berbunyi pada pukul 5.15 setelah aku melaksanakan shalat Shubuh. Dari layar handphoneku tertulis nama seorang temanku yang menjadi relawan. Kuangkat telepon tersebut. Dan tanpa basa-basi temanku tersebut langsung bicara kepadaku
“Sae, tahu bencana yang terjadi dua hari yang lalu kan! Kita ke Solok yuk! Jadi relawan untuk memberikan pengobatan disana?”
“Ok kalau begitu. Aku ikut. Berangkatnya kapan?” jawabku ringkas diiringi sebuah pertanyaan tentang keberangkatannya.
Insya Allah, kita berangkat hari ini jam tujuh dan kembali lagi nanti sore. Aku tunggu di depan Minang Plaza jam 6.30 ya!” Lanjutnya.
“Ok deh kalau begitu. Tunggu disana ya.” Jawabku kembali
            Akhirnya nuansa menjadi relawan pun akan terlaksana meski dengan membantu menjadi tenaga kesehatan. Segera ku siap-siap meluncur ke Minang plaza. Sampai di minang Plaza, temanku dan beberapa relawan lainnya sudah menungguku dengan sebuah mobil ambulance milik sebuah lembaga kemanusiaan yang berlambang bulan sabit. Aku segera masuk ke dalam mobil dan segera meluncur ke tempat bencana dengan perjalanan selama tiga jam. Didalam mobil ini aku mengirim sms ke orangtua untuk dapat memberikan ijin dengan alasan aku sudah diperjalanan. Tak ada balasan dari orangtuaku aku hanya bisa berdoa semoga perjalanan ini diberkahi oleh Allah sang Maha segala-galanya diiringi dengan ijin dan restu dari orangtua. Segera mungkin kumatikan handphoneku karena handphoneku yang baterainya sudah drop
            Tiba di lokasi bencana, kami langsung membuat sebuah tenda dan segera segala obat-obatan dan perlengkapan kesehatan lainnya diturunkan dari ambulance dan diletakkan dalam tenda darurat untuk kesehatan tersebut. Aku hanya kebagian tugas untuk membentuk sebuah antrian dari korban bencana. Kupanggil mereka satu persatu. Mulai dari anak-anak hingga bapak-bapak pun banyak yang mengerubuni diriku untuk bersiap mengantre dalam panggilan namanya untuk periksa kesehatan dan meminta obat. Lelah namun tak terasa waktu berjalan dengan cepatnya. Uniknya, para korban dan para warga dengan antusias memeriksakan kesehatan mereka. Namun secepat mungkin kuperhatikan siapa lebih dahulu mendapatkan pertolongan tentunya di prioritaskan yang menjadi korban. ”Fiuh, sungguh lelah” Pikirku dalam hati namun sungguh menyenangkan. Akhirnya Aku dan relawan lain bersiap untuk kembali.
Sepanjang perjalanan kembali ke Padang, terbersit keinginan kembali menjadi seorang relawan dengan nuansa muka nan ceria berhadapan kepada para korban tanpa harus mengeluh dengan keletihan yang mendera. Tak terasa kulihat handphoneku yang tidak hidup sedari tadi pagi, kuhidupkan dan tiba-tiba ada sebuah sms masuk pada pukul 07.00 tadi pagi. Kubuka sms tersebut, ”Hati-hati dijalan.. Mama bedoa untuk kelancaran kamu di jalan.” bibirku pun mengatakan ”Amiin, terima kasih ma.”

Gambar diambil dari http://www.liseublogger.blogspot.com

Sekilas, cerita perjalanan tersebut membuatku semakin kuat untuk membantu sesama. Nilai ibadahnya dapat di sisi Allah. Selain itu, nilai sosial terhadap sesama pun dapat. Tak ada yang rugi jika berbagi bersama.
Memang, kondisi negeri Indonesia terkenal dengan negeri 1000 bencana. Hal ini pulalah yang mengharuskanku dan kita semua untuk dapat berbagi bersama. Selain itu Allah juga telah memberikan kewajiban kepada umatnya untuk dapat saling membantu, saling tolong-menolong terhadap sesama. Hal ini bisa dilakukan dengan langsung melalui media datang ke yang membutuhkan, ataupun melalui lembaga ziswaf.
Saat sekarang ini lembaga ziswaf atau Lembaga Zakat Dompet Dhuafa sangatlah banyak mulai dari yang bergerak secara terpusat dari pemerintah ataupun ada yang berdiri sendiri melalui pihak swasta. Untuk pihak swasta sendiri, saya tertarik pada sebuah lembaga online Marimembantu.org.
Marimembantu.org sangatlah mudah dimengerti dan dipahami. Lembaga ini bukan hanya untuk korban bencana saja, namun bisa juga menyalurkan untuk kegiatan kemanusiaan seperti operasi bibir sumbing, orang cacat, dan yang lainnya. Disini pula kita bisa berbagi bantuan (dikenal dengan memulai berbagi) ataupun menawarkan sebuah proyek kemanusiaan untuk membantu yang lainnya (dikenal dengan memohon bantuan). Pihak-pihak ini selanjutnya dikenal dengan penyumbang dan pemohon bantuan.
Adapun beberapa langkah Memulai untuk Memohon Bantuan sebagai berikut :
1.      Login cepat menggunakan twitter atau facebook
2.      Klik tombol “Mulai Permohonan”
3.      Mulailah mengisi form data-data sesuai dengan step-step yang telah ditentukan
4.      Setujui syarat dan kondisi lalu submit data permohonan
5.      Permohonan anda akan di proses dan dikonfirmasi terlebih dahulu oleh Dompet Dhuafa sebelum ditampilkan di website Marimembantu.org
 Sedangkan langkah-langkakh Memulai untuk Membantu adalah sebagai berikut :
1.      Login cepat menggunakan twitter atau facebook
2.      Pilihlah dan klik tombol “DONASI SEKARANG!” pada kasus yang ingin Anda bantu
3.      Setelah Anda masuk kedalam halaman kasus, Anda dapat langsung membagi informasinya kepada teman-teman Anda lewat tombol shered facebook dan twitter
4.      Pilihlah voucher bantuan yang terdapat pada halaman kasus tersebut
5.      Setelah itu, Anda langsung masuk kedalam halaman cart, disini Anda bisa menambah voucher bantuan lagi untuk membantu kasus yang lain
6.      Klik tombol “lanjutkan”, Anda akan masuk ke halaman mengisi form identitas guna melengkapi informasi data diri Anda sebagai penyumbang
7.      Setelah itu, pembayaran voucher sumbangan akan dilakukan di dalam sistem iPayMu
8.      Pembayaran voucher selesai, pembayaran akan diterima, dikonfirmasi dan disalurkan oleh Dompet Dhuafa dengan sebaik-baiknya
Beberapa langkah tersebut kiranya bias membantu kita semua melakukan kegiatan kemanusiaan yang sudah seharusnya umat muslim lakukan. Eits, untuk non muslim juga masih bias berperan dalam membantu loh. Hal ini karena ajaran agama manapun boleh membantu sesama tanpa terkecuali. Oleh sebab itu kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh Marimembantu.org bias kita pergunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan dan kebersamaan kita sesama manusia.
Oleh sebab itu aku menyarankan kita semua untuk dapat menggunakan lembaga ini dalam berbagai kebutuhan untuk kemanusiaan. Marimembantu.org sungguh sangat layak diharapkan untuk menjadi yang terdepan. Nah, sekaranglah saatnya untuk Mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org. Ditunggu partisipasinya ya !   


Untuk info lebih lanjut silakan hubungi www.marimembantu.org

Karya ini diikutkan pada lomba Blog Review Lembaga Zakat.

’Ayo


9 komentar:

amalia df mengatakan...

sukses Sae, pernah jadi relawan rupanya.

windi teguh mengatakan...

inspiratif. Jiwa relawannya benar-benar kental nih. sukses ya ustadz

eni martini mengatakan...

wah,hebat sae...lanjutkan smoga sukses ya...nulis ini jg sedekah loh krn menyebarkan/mnularkan kebaikan:)

Leyla Hana Menulis mengatakan...

Komplit tulisannya... moga sukses.. belum dapat ide utk nulis yg ini, hehe

Sara Amijaya mengatakan...

moga sukses mas sae.....

Saepullah mengatakan...

Terima kasih ya.. atas koment2 nya.. Smg masih bisa berbagi juga dgn yg lainnya.. serta niat awal utk berbagi karena ALLAH insya ALLAH..

Karzel mengatakan...

Sukses Mas Sae.. salut buat semangatnya yang selalu ingin berbagi :)

Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org mengatakan...

Pentingnya berbagi dengan sesama, inilah seharusnya kita lakukan, kita harus mensyukuri apa yang kita punya dengan berbagi dengan sesama, bersyukur dengan memberi sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat yang diberikanNYA kepada kita.

ANAK ELANG PEMBURU DOLAR mengatakan...

Mantap review artikelnya gan. Moga bisa terus maju dengan MariMembantu.org. Semangat terus gan ...